Pilkada Kota Manado, Andrei Angouw-Richard Sualang Ungguli Paslon Lainnya

16

MataSulut [ Manado – Pasangan Calon (paslon) nomor urut 1 yakni Andrei Angouw-Richard Sualang (AA-RS) tak terbendung. Data sementara, ‘jagoan’ PDIP Cs di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Manado itu ungguli ketiga rivalnya.

Kemenangan AA-RS pada 9 Desember ini, telah membuat sejarah baru di Kota Manado. PDIP sebagai partai politik (parpol) pengusung utama, kini akan tampil sebagai ‘penguasa’ top eksekutif di Kota Multidimensi. Status jawara di pemilihan legislatif (pileg) tahun 2019 lalu, kian lengkap dengan kemenangan di pilkada saat ini.

AA-RS unggul merujuk hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dengan perolehan suara 36,44 persen. Di urutan kedua, paslon nomor urut 4, Paulina Julyeta Runtuwene-Harley Mangindaan (PAHAM) dengan perolehan 27,80 persen. Selanjutnya, paslon nomor urut 3 Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) 22,78 persen. Peringkat terakhir paslon nomor urut 2 Sonya Selviana Kembuan-Syarifudin Saafa (SSK-S2) dengan perolehan 12,98 persen. Adapun hasil quick count yang ada ini dengan jumlah hasil suara TPS yang masuk sebesar 83.20 persen.

Hal serupa juga terunggah dalam menu hitung suara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Data hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap ini, menempatkan AA-RS unggul sementara dengan perolehan suara 36,4 % hingga pukul 21.30 WIB, Rabu kemarin. Disusul paslon nomor urut 4 dengan 27,3 %, paslon nomor urut 3 dengan 22,1 % dan paslon nomor urut 2 dengan 14,1 %. Data itu berasal dari 92 TPS untuk total 979 TPS (9.40%).

Meski data masih bersifat sementara, namun apresiasi serta pujian disampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Manado yang sudah memilih AA-RS. “Terima kasih masyarakat Kota Manado telah mempercayai AA-RS untuk memimpin Kota Manado. Segala sesuatu ada masanya. Tuhan memberkati Kota Manado yang telah menjadi hebat,” tandas politisi potensial PDIP Andre Gerungan SH, yang juga merupakan anggota DPRD Kota Manado.

Untuk diketahui, pelaksanaan rekapitulasi hasil pilkada di tingkat kecamatan oleh KPU Manado akan dimulai pada 11-14 Desember. Sedangkan, untuk tingkat kota akan bergulir tanggal 13-17 Desember. (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.