Dibuka Bupati FDW, Musrembang Kecamatan Ranoyapo Usulkan Sejumlah Pembangunan Skala Prioritas

19

MATASULUT–Dalam upaya membangun Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam berbagai sektor, perlu dilakukan musyawarah rencana pembangunan (Musrembang). Baik dari tingkat desa hingga kabupaten. Tujuannya, agar setiap pembangunan yang ada bisa tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, Badan Perencanaan Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Minsel memulai pelaksanaan musrembang tingkat kecamatan. Kegiatan perdana musrembang kecamatan digelar untuk Kecamatan Ranoyapo yang digelar di BPU Desa Lompad, Selasa (31/1) kemarin. Pelaksanaannya dibuka langsung oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW).
Dalam sambutannya, FDW berharap pelaksanaan musrembang tingkat kecamatan bisa menghasilkan usulan yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat dan untuk kemajuan daerah. “Tahun 2023 ini, APBD Minsel mencapai sembilan ratusan miliar rupiah. Sebagai pemerintah berharap nantinya usulan dari pemerintah desa bisa terintegrasi dengan program pemerintah daerah sebagaimana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, hal ini sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan pembangunan daerah,” ungkap Bupati FDW.
Dia juga berharap, Dana Desa (Dandes) juga diharapkan bisa dipergunakan untuk kemajuan desa, sebagaimana program pemerintah daerah ditahun 2023 ini adalah ‘Mari Jo Batanam’. “Dengan memperkuat program ketahanan pangan sebagaimana yang diatur dalam aturan pelaksanaan dana desa yakni 20% untuk ketahanan pangan dan hewani. Saya mengajak masyarakat untuk memberdayakan setiap lahan yang ada, apa terlebih lahan-lahan tidur agar bisa menghasilkan, yang penghasilannya bisa menopang perekonomian keluarga,” sebutnya.
Adapun sejumlah usulan pembangunan yang tersampaikan oleh 12 desa di kecamatan Ranoyapo dalam Musrembang tersebut antara lain pembangunan irigasi primer, pembangunan jalan desa, pembangunan jalan dan jembatan penghubung desa, pengembangan objek wisata, beasiswa pendidikan, talud pengaman pemukiman, pembangunan jalan pertanian. Selain itu ada juga yang menjadi Skala Prioritas ialah pembangunan jalan Beringin-Pontak dan pembangunan jalan penghubung Desa Poopo Raya ke desa Keroit yang merupakan jalan perekonomian masyarakat. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaban Bapelitbang Brando Tampemawa, Kadis PU ROI Durand, Kadis Perkim Frangky Mamangkey, Kadis Perhubungan Verra Lasut, Kadis PMD Every Poluakan, Kadis Dukcapil Decki Tuwo, Kadis PPA Frelly Turangan, Kadis KB Meity Tumbuan, Kaban Bencana Torry Joseph, Kadis Infokom Mask Weken, Kadis DLH Roy Sumangkut, Camat Ranoyapo Jendri Umboh, perwakilan Koramil Motoling, perwakilan Polsek Ranoyapo, para Tokoh Agama/Masyarakat, serta para Hukum Tua dan perangkat desa.(rgm)

Leave A Reply

Your email address will not be published.