Maksimalkan Potensi Pariwisata dan EKRAF Di Minsel, Bupati FDW buka Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

16

MATASULUT–Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., membuka kegiatan Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay / Pondok Wisata di Kabupaten Minahasa Selatan.

Pelatihan tersebut bertempat di Hotel Sutanraja, Amurang yang akan dilaksanakan selama 3hari dimulai Rabu, 4 Oktober 2023 sampai 6 oktober 2023, setelahnya akan mengunjungi desa Palaes,Kecamatan likupang barat Kabupaten minahasa utara karena desa tersebut adalah desa yang Memiliki kriteria dalam pengelola homestay

Pemerintah Daerah Berupaya Mengembangkan Dan Meningkatkan Pelaku Usaha Homestay/pondok Wisata Menjadi Salah Satu Pendorong Ekonomi Minahasa Selatan Di Sektor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. Homestay/pondok Wisata Merupakan Jenis Akomodasi Atau Fasilitas Penginapan Yang Memiliki Karakteristik Unik Sesuai Dengan Budaya Atau Karakter Lokal Yang Disediakan Untuk Para Wisatawan. Kegiatan Ini Sangat Sejalan Dengan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Yaitu, “meningkatkan Sumber Daya Manusia Yang Sehat Dan Berdaya Saing” Serta “mewujudkan Kemandirian Ekonomi Melalui Sektor Agribisnis Dan Pariwisata”.

Untuk Memaksimalkan Potensi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Yang Ada Di Kabupaten Minahasa Selatan, Maka Diperlukan Pengembangan Kemampuan Dalam Mengelola Usaha Homestay/pondok Usaha Ini, Baik Dalam Hal Perizinan Dan Regulasi, Pemilihan Lokasi Yang Tepat, Perawatan Properti, Manajemen Keuangan, Teknik Pemasaran, Keamanan Dan Kebersihan Serta Evaluasi Dan Pengembangan Untuk Kepuasan Wisatawan.

yang menjadi Narasumber pada Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay / Pondok Wisata di Kabupaten Minahasa Selatan yaitu Sekretaris Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Manado, yang juga sebagai Pembina Homestay/Pondok Wisata Minahasa Utara Ibu Margaretha Warokka, SE, MBA., Kepala Program Studi Global Tourism Management Politeknik Negeri Manado yang juga sebagai Pembina Homestay/Pondok Wisata Minahasa Utara Ibu Riana Rondonuwu, MM.

Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pelatihan pelatihan seperti ini yang dilaksanakan oleh dinas parawisata kabupaten minahasa selatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola usaha, juga agar kabupaten minahasa selatan dapat maju dan berkembang dalam bidang parawisata khususnya dalam pengelolaan homestay.

lebih lanjut Bupati FDW pun menambahkan bahwa pelaksanaan pelatihan pelatihan seperti ini adalah satu dukungan dari pemerintah kepada masyarakat, dan kepada para peserta diingatkan dalam pengelolaan homestay juga harus memiliki standarisasi pelayanan yaitu kebersihan, kenyamanan, dan keamanan. gunakanlah jaringan pemasaran lewat media sosial agar kita dapat menggunakan media sosial dengan hal yang positif. biarlah materi yang diberikan oleh para narasumber dapat bermanfaat dalam meningkatkan dan mengembangkan usaha homestay yang ada di kabupaten minahasa selatan juga mudah mudahan kedepan Pariwisata di kabupaten minahasa selatan akan terus meningkat, tutup Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., diakhir sambutannya.

Hadir dalam kegiatan ini para peserta pelaku pariwisata usaha homestay/pondok wisata, Kepala Dinas Pariwisata bersama jajaran serta Staf Khusus Bupati.(***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.