FDW-PYR buka Rangkaian Giat HUT Minsel ke-19 dengan Penanaman Massal

Gencarkan Program Marijo Batanam, Digelar Serentak di 17 Kecamatan

32

MATASULUT — Di awal tahun 2022, Pemerintah Kabupaten terus menggaungkan slogan ‘Marijo Batanam’ dalam upaya mengajak masyarakat agar gencar menanam atau ‘bakobong’. Terkait itu, dalam rangka HUT Kabupaten Minsel Minsel ke-19, salah satu rangkaian kegiatan pembukaan dengan menggelar penanaman massal yang digelar jajaran Pemkab Minsel di 17 kecamatan.
Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW) dan Wabup Petra Yani Rembang (PYR) bersama unsur Forkopimda sendiri memilih Perkebunan di Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga sebagai lokasi khusus penanaman massal, Jumat (14/1).

Bupati FDW

Dengan mengusung tema ‘Bersama Melakukan Perubahan’, laporan ketua umum panitia Asisten III Setdakab Arthur Donald Tumipa menjelaskan, rangkaian kegiatan selain penanaman massal adapun kegiatan vaksinasi yang dipusatkan di Aula Waleta Kantor Bupati. “Juga di tingkat kecamatan dengan melibatkan lurah, hukum tua, perwakilan masyarakat, seluruh ASN di lingkungan kecamatan menggelar penanaman serentak secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming,” sebut Tumipa.
Sementara dalam sambutannya, Bupati FDW juga menyorot sektor pertanian yang digadang akan menjadi sektor unggulan Minsel. “Dengan slogan ‘Marijo Batanam’, kita akan fokuskan pada sektor pertanian,” sebut Bupati FDW.

Penanaman massal digelar FDW-PYR bersama Forkopimda Minsel.

Lanjut Bupati, sehubungan dengan rangkaian kegiatan HUT Minsel ke-19 bupati meminta semua pihak untuk saling membantu dan berkordinasi dengan panitia yang ada. “Agar semua kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana. Dan kiranya bantuan yang diberikan kementerian pertanian lewat program Pengembangan dan Manajemen Irigasi Partisipatif Terintegrasi dapat membantu sektor pertanian di Minsel,” tukas Bupati FDW.
Diketahui, berdasarkan data Dinas Kominfo Minsel, untuk sektor pertanian telah melaksanakan peningkatan pertanian dataran tinggi melalui upland project senilai Rp7,356 Miliar dari total anggaran Rp68,826 Miliar yang akan dilaksanakan dari tahun 2021 sampai 2024.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Minsel Franky Lengkey, Kapolres Minsel AKBP Bambang Harleyanto, Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Danramil-14 Amurang Ramli Hamanja, Kepala Kejaksaan Negeri Minsel yang diwakili kepala seksi pidana khusus bapak Roger Lawrence Van Hermanus, Ketua Pengadilan Negeri Amurang Royke Harold Inkiriwang, Sekkab Minsel Denny Kaawoan, para asisten, staf ahli, kepala perangkat daerah, Camat Tenga Petrus Ulaan, Kapolsek Tenga Iptu Yusak Parinding, Danramil Tenga Pelda Helfrets Larumende.

*Bantuan Kementerian Pertanian ke Kabupaten Minsel berupa :
1. Sarana prasarana teknologi informasi dengan jumlah 18 unit penerima kecamatan dan 1 untuk kabupaten
2. Peralatan teleconfrence dalam rangka penguatan tegnologi dan informasi
i) Akg wireless wms40 mini vocal set jumlah 8 unit
ii) Bluetooth portable speaker onix 5 jumlah 8 unit
iii) Nakamitchi portable active speaker m6 jumlah 8 unit
iv) Samsung smart tv 43 inci jumlah 8 unit
v) Lcd proyektor maxell + ups eaton jumlah 8 unit
b) Penyerahan bantuan upland project berupa traktor kepada KELOMOPOK TANI ESA WAYA modoinding.

(RGM)

Leave A Reply

Your email address will not be published.