Dorong Program Factory Sharing, FDW-PYR Temui Menteri Teten Masduki

Pemkab Minsel Audiensi ke Kementerian Koperasi dan UKM

MATASULUT– Bupati Minsel Franky Donny Wongkar (FDW) bersama Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang (PYR) menaruh perhatian pada sektor ekonomi kreatif lewat Koperasi dan UMKM. Hal itu yang membawa FDW-PYR langsung menyambangi Kementrian Koperasi dan UKM dalam rangka audiensi.
Kedatangan kedua pemimpin Kabupaten Minsel itu diterima secara langsung Oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki bersama Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Hanung Harimba Rachman dan Deputi Bidang Kewirausahaan Siti Azizah di Kantor Kementrian Koperasi dan UKM lantai 8, Selasa (18/1) lalu.
Dalam kunjungan tersebut membahas tentang persetujuan dari Kementerian Koperasi dan UKM terkait program pembangunan Rumah Produksi Bersama (Factory Sharing). Program Factory Sharing tersebut diketahui dianggarkan oleh kementrian Koperasi dan UKM sebanyak 126 Milyar untuk 3 Tahun anggaran.


Program Rumah Produksi Bersama dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minsel sendiri sudah mendapatkan bantuan dana dari kementrian Koperasi dan UKM untuk tahap pertama sejumlah kurang lebih 11 Milyar dari jumlah anggaran keseluruhan.
Dalam audiensi tersebut Bupati Franky Donny Wongkar menyampaikan apresiasi juga ucapan terima Kasih kepada Pak menteri berserta jajaranya yang sudah menyambut baik kunjungan dari Pemkab Minsel. “Dan juga untuk kesempatan mendapatkan bantuan dana yang cukup besar dan sangat bermanfaat Bagi masyarakat Minsel khususnya kepada pelaku-pelaku UMKM. Dengan program ini mereka bisa mengembangkan usaha mereka, yang tentunya ini akan berdampak baik bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu kami Pemkab Minsel akan betul-betul menggunakan bantuan dana tersebut sesuai peruntukanya,” tukas Bupati FDW.


Terpisah dalam beberapa kesempatan saat diwawancarai wartawan media ini, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Minsel Dr. Meidy Maindoka mengatakan, program tersebut akan segera mulai tahun 2022 ini. Dengan tujuan program ini agar produk UMKM di Kabupaten Minsel kualitasnya berstandar industri.
“Dan ini semua tak lepas dari kerja keras dan upaya dari pak Bupati Franky Donny Wongkar dan Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang bersama sinergitas dengan Pemprov Sulut yang telah berhasil melakukan lobi ke pemerintah pusat sehingga program ini bisa running di Kabupaten Minsel,” sebut Maindoka.
Diketahui Program Factory Sharing tersebut diperuntukan untuk Provinsi aceh, Sulawesi utara, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur. Dan untuk Provinsi Sulawesi Utara, hanya Kabupaten Minahasa selatan yang mendapatkan program pembangunan Rumah Produksi Bersama dari  Kementrian Koperasi dan UKM.
Turut hadir mendampingi Bupati Minsel, Kadis Koperasi dan UMKM Minsel Dr. Meidy Maindoka, Dosen Agribisnis, Sosial ekonomi Pertanian UNSRAT Dr. Ir. Tommy Lolowang, Tenaga Ahli Bupati Minsel, Perencanaan UMKM Kelapa Terpadu, dan Ir. Dedie Tooy, MSi, PhD, Ketua Jurusan Teknologi Pertanian, Fak Pertanian UNSRAT.(rgm)

Factory SharingFDW-PYRKementerian Koperasi dan UKMMenteri Teten MasdukiPemkab Minsel
Comments (0)
Add Comment