Bentuk Sinergitas Pemkab Minsel dan Forkopimda Jadikan Perayaan Idul Fitri 1444 H Berlangsung Khusyuk dan Aman

MATASULUT–Setelah sebulan lamanya umat muslim melaksanakan Ibadah Puasa, tiba saatnya hari kemenangan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), perayaan Idul Fitri 1444 H/2023 M terpantau khusyuk dan sarat kebersamaan, meski masih dalam kondisi global pasca pandemi covid dan juga inflasi yang mempengaruhi kondisi sektor ekonomi global yang dampaknya sampai ke daerah.

Meski begitu, upaya Pemerintah Kabupaten Minsel terus menunjukan kepedulian kepada masyarakat yang secara nyata terus memberikan dampak kemajuan ekonomi masyarakat Minsel. Program-program pro rakyat guna peningkatan ekonomi masyarakat mulai dari insentif lansia, Pasar Murah, Ketahanan Pangan dalam program dana desa sebesar 20 persen.

Selain itu, bantuan keagamaan, launching penyaluran cadangan beras pemerintah, program gerakan Marijo Batanam dan Marijo Bakobong semuanya memberikan dampak yang nyata sebelum umat muslim memasuki Bulan Ramadan.

Di sisi lain juga, hasil sinergitas Pemkab Minsel, Polres, Kantor Kemenag Minsel, PHBI Kabupaten Minsel, DMI Kabupaten Minahasa Selatan Pelaksanaan Salat Ied (Idul Fitri 1444 H) Tingkat Kabupaten Minahasa Selatan dilaksanakan di lapangan Mapolres Minahasa Selatan pada hari Sabtu, 22 April 2023, dengan Khatib Dr. H. Dulsukmi Kasim,Lc, M.Hi dan yang bertindak sebagai Imam adalah Muhamad Arham, S.Hi, yang dihadiri oleh Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Bpk. Pdt. Petra Yani Rembang M.Th, bersama dengan unsur FORKOPIMDA Minahasa Selatan Serta dari FKUB Minahasa Selatan, dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah. Dalam pelaksanaan Takbiran maupun Salat Id diberbagai tempat, dilaksanakan pengamanan oleh aparat gabungan yg melibatkan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pemerintah Kecamatan, serta TNI, Polri, dan ormas-ormas seperti Panji Yosua, LMI, dll.

Dalam sejumlah kesempatan Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan ajakan untuk sambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah dengan penuh syukur, serta dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai. Semoga Ibadah di bulan suci Ramadhan serta Idul Fitri ini, akan membawa berkat, kebahagiaan, dan kedamaian bagi seluruh umat Muslim dalam menjalani kehidupan yang dianugerahkan Sang Pencipta, teguhkan hati dan dengan ikhlas untuk saling memaafkan untuk terus menjaga kebersamaan, serta berjuang dan solid bergerak memberikan kontribusi yang positif sesuai dengan profesi, tugas dan tanggung jawab kita masing-masing untuk mendukung dan menyukseskan berbagai program yang sedang dan akan kita laksanakan ke depan untuk mewujudkan Minahasa Selatan Maju, Berkepribadian dan Sejahtera. (adv)

FDW-PYRMinsel
Comments (0)
Add Comment